profil

Seseorang yang berusia 50 tahun, tentu sudah matang dan dewasa, serta mempunyai banyak pengalaman hidup. Demikian juga dengan perjalanan RS Ibu Anak Limijati yang tanpa terasa pada 12 Februari 2011 yang lalu sudah berumur 50 tahun.

Pada awal didirikan, RSIA Limijati hanya sebuah Klinik sangat sederhana, dengan kamar bersalin yang bersahaja tanpa dilengkapi dengan peralatan canggih dan fasilitas modern. Saat itu persalinan kebanyakan ditolong oleh Zr. Liem sendiri, pendiri Klinik yang namanya juga dipakai untuk menamai Klinik ini.

Pengabdian dan dedikasinya tercermin dalam falsafahnya: “Pasien saya ibarat anak sendiri, saya menolong mereka melahirkan cucu-cucu saya”. Klinik Zr. Liem yang namanya berubah menjadi Klinik Limijati pada tahun 1967, semakin hari semakin berkembang, bertambah kamar demi kamar, berkembang rumah demi rumah dan bertumbuh loteng demi loteng. Statusnyapun berubah-ubah sesuai dengan situasi dan kondisi pada saat itu, yakni menjadi Klinik Wanita (1971), Rumah Sakit (1973), dan Rumah Sakit Bersalin (1981), kemudian menjadi RS Ibu Anak Limijati sejak tahun 2010.

Melihat pertumbuhan dan perkembangan yang luar biasa ini, kami menyadari bahwa semua perubahan hanya dimungkinkan oleh berkat, anugerah dan perkenan dari Tuhan Yang Maha Esa yang patut kita syukuri. Tidak dapat dikesampingkan pula bahwa apa yang telah dicapai merupakan buah kerja keras dengan penuh dedikasi, disiplin tinggi, loyalitas total dan profesionalisme dari seluruh pimpinan, staf dan karyawannya, dan disertai pula dengan dukungan dari berbagai pihak.

Seiring dengan tuntutan jaman dan demi meningkatkan pelayanan kepada para pasien, maka pada awal tahun 2010 RSIA Limijati memulai pembangunan gedung rumah sakit yang lebih modern, megah dan cantik, yang saat ini sudah mencapai tahap penyelesaian. Dengan selesainya gedung baru ini maka kapasitas Rumah Sakit bertambah, jenis pelayanan semakin bervariasi, sarana dan prasarana semakin modern, dilengkapi pula dengan suasana yang women and children friendly. Gedung baru berlantai 5 yang homy ini juga mempunyai 2 lantai basement yang diperuntukkan sebagai lahan parkir, guna mengantisipasi keluhan para pasien dan keluarga yang selama ini sering sulit memperoleh tempat parkir.

Pelayanan Medik Spesialistik yang sudah tersedia saat ini adalah Kesehatan Anak, Kebidanan dan Kandungan, Penyakit Dalam, Andrologi, Bedah Umum, Bedah Digestif, Bedah Ortopedi, THT, Mata, Kulit dan Kelamin, serta Gizi Klinik. Ruang Rawat Inap, termasuk Ruang Perawatan Intensif (ICU, NICU, PICU) disiapkan untuk dapat melayani anak-anak sampai dengan umur 18 tahun, ibu melahirkan maupun ibu yang sakit.

Sedangkan untuk pelayanan lain seperti Rawat Jalan, One Day Surgery, One Day Care, Unit Gawat Darurat, Laboratorium, Fisioterapi dan Farmasi dapat melayani semua pasien, termasuk pasien laki-laki dewasa.

Saat ini RSIA Limijati sedang mengembangkan pelayanan-pelayanan baru yaitu Fertility Centre dan Klinik Tumbuh Kembang yang ditangani oleh dokter spesialis dan tenaga ahli yang berpengalaman di bidangnya. Nantinya kedua Klinik ini siap untuk melayani pasangan suami istri yang belum dikaruniaibuah hati, bayi dan anak-anak dengan masalah tumbuh kembang maupun anak yang sehat.

Semoga pelayanan RSIA Limijati dapat melebihi harapan para pasien dan keluarga (Beyond Service Excellent), serta menjadi Rumah sakit yang andal dan terpercaya bagi pasien, keluarga dan masyarakat.